CARA UPDATE AKUN OPERATOR, KEPALA SEKOLAH & PTK

0
5144

Hay teman-teman! Saat ini sudah memasuki tahun ajaran baru walau dalam suasana yang tidak seperti tahun-tahun sebelumnya yang mana kita diwajibkan untuk Belajar Dari Rumah (BDR) akibad Pandemi Virus yang Mendunia yakni COVID-19. Namu hal itu tidak menyulutkan semangat kita untuk mencerdaskan anak bangsa, begitupun dengan pengembangan aplikasi data pendidikan berbasis web yang sudah tidak asing lagi di kalangan dunia pendidikan yakni DAPODIK, yang mana ditahun ajaran baru ini telah lahir pula aplikasi terbaru dari Dapodik yakni Dapodik Versi 2021. Dengan diluncurkannya aplikasi Dapodik terbaru versi 2021 pada tanggal 19 Juli 2020 kemarin maka otomatis proses pendataan pendidikan tahun pelajaran 2020/2021 telah dimulai.

Namun ada yang berbeda pada pendataan tahun ini, tidak seperti tahun-tahun sebelumnya yang mana Aplikasi Dapodik dapat langsung diinstal pada Laptop/PC teman-teman, taun ini kita diwajibkan untuk mengUpdate & Verifikasi akun Operator, Kepala Sekolah & PTK. Update dan Verifikasi akun PTK ini diberi batasan waktu sampai tanggal 31 Oktober 2020, yang mana jika sampai batasan waktu tersebut belum di verifikasi maka akun PTK akan dihapus dari server, yang mana akan merugikan teman-teman PTK sendiri khususnya yang telah sertifikasi. karena akun inilah nantinya yang dipake untuk mengakses Info Sertifikasi pada lama INFO GTK.

Untuk itu kali ini mimin akan membagikan tutorial cara mengUpdate akun Operator, Kepala Sekolah & PTK sebagai syarat wajib sebelum menginstal aplikasi dapodik pada Laptop/PC teman-teman.

LANGKAH-LANGKAH UPDATE AKUN OPERATOR, KEPALA SEKOLAH & PTK

1. Silakan buka laman sp.datadik.kemdikbud.go.id

2. Klik Login Menggunakan SSO

3. Kirim Email & Kata Sandi akun Dapodik

4. Klik menu 

5. Pilih Jenis Akun kemudian klik Tampilkan.

Sebagai catatan Akun Admin adalah akun dapodik semester lalu, Akun PTK adalah akun Kepala Sekolah, Guru, & Staf TU, baik akun Admin dan PTK wajib di update.

6. Klik gambar pensil yang ada di sebelah kanan

7. Isikan dengan Email yang aktif dan buatkan Password, kemudian klik Update

8. Lakukan Update ke seluruh PTK yg ada disekolah

Namun ada juga kasus ada beberapa PTK yang tidak ada namanya di Daftar Akun, jika ada PTK yang tidak ada namanya di Daftar Akun maka kita tinggal menamba PTK tersebut dengan cara berikut ini

9. Klik menu Tambah Akun, lalu isikan data-data yang diminta kemudian klik simpan

Demikianlah teman-teman cara Update Akun Operator, Kepala Sekolah, dan PTK. Jangan lupa di share supaya bisa membantu teman-teman yang lain. Untuk cara Verifikasi Akun Operator, dan PTK akan dibahas pada artikel selanjutnya.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here