CARA MENGECILKAN SIZE FOTO MENGGUNAKAN PAINT

0
539

Foto merupakan salah satu persyaratan wajib dalam pendaftaran CPNS tahun 2019, ada 3 jenis foto atau file JPG/JPEG yang diminta dalam proses pendaftaran CPNS di laman cpns.bkn.go.id yaitu Foto close up berlatar merah, swafoto, dan foto E-KTP, namun semua wajib diupload dengan ukuran max 200kb. Nah bagaimana caranya agar proses upload foto tersebut dapat berlansung dengan lancar sementara hasil size foto atau scan file tersebut melebihi dari 200 kb.

Nah kali ini Mimin akan membagikan trik atau cara memperkecil size foto yg akan kita upload untuk pendaftaran CPNS 2019. Sebenarnya ada banyak cara dan aplikasi yang dapat dipakai untuk merubah size foto atau file dengan format jpg/jpeg/png, salah satunya adalah Photoshop & Coreldraw. Namun, tidak semua orang bisa menggunakannya, untungnya masih ada alpikasi lain yang dapat digunakan untuk melakukan pekerjaan yang sama.

Aplikasi lain yang mimin maksudkan adalah Microsoft Paint, aplikasi edit foto dan sketsa sederhana bawaan Windows, hampir disemua versi Windows membawa piranti lunak yang satu ini. Langsung saja mari kita coba aplikasi ini.

CARA MENGECILKAN UKURAN FOTO MENGGUNAKAN PAINT

1. Klik kanan pada foto yang akan diubah, kemudian klik Open with > paint

 

2. Jika sudah terbuka klik Resize pada menu bar paint

3. Maka akan muncul jendela baru Resize and Skew, kemudian arahkan kursor ke Percentage lalu kecilkan angka Horisontal & Vertikal sesuai keinginan, kemudian tekan Ctrl + S pada keyboard untuk menyimpan

4. Kemudian perhatikan Size yang ada dibagian bawah foto

5. Ulangi langkah No. 3 sampai mendapat ukuran yang kalian inginkan

6. Selesai

Demikianlah tutorial singkat yang dapat Mimin berikan, semoga bisa bermanfaat bagi rekan-rekan sekalian.

#Sekian & Terima Kasih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here