Politisi Demokrat Dorong UKM Cincau Hitam Pacitan Lebih Produktif dan Berkembang

April 21, 2022 | 0 Views
Ketua Fraksi Demokrat DPR RI, Edhie Baskoro Yudhoyono meninjau UKM budidaya cincau hitam di Pacitan, Jawa Timur/Net
Ketua Fraksi Demokrat DPR RI, Edhie Baskoro Yudhoyono meninjau UKM budidaya cincau hitam di Pacitan, Jawa Timur/Net

Dapodikta.com – Kepedulian terhadap perkembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) perlu terus ditumbuhkan semua pihak demi terciptanya lapangan pekerjaan untuk masyarakat.

Salah satu UKM yang potensial bertumbuh yakni janggelan, tanaman yang menjadi bahan baku untuk membuat cincau hitam.

Hal tersebut diutarakan Ketua Fraksi Demokrat DPR RI, Edhie Baskoro Yudhoyono usai melaksanakan reses dengan mengunjungi UKM Janggelan di Desa Jeruk, Kecamatan Bandar, Pacitan, Jawa Timur Senin lalu (18/4).

Ia meyakini, UKM budidaya cincau hitam dapat dikembangkan dan dikenalkan lebih luas lagi, baik di Kecamatan Bandar maupun Kabupaten Pacitan pada umumnya.

“Saya dukung penuh agar produksi janggelan semakin canggih dan lebih produktif. Agar dompetnya tidak terlalu kempes akibat peningkatan harga-harga sembako,” ujar Ibas, sapaan Edhie Baskoro dalam keterangan tertulisnya, Kamis (21/4).

Produk dari janggelan juga dinilai cocok menjadi oleh-oleh masyarakat. Dalam kesempatan tersebut, putra Presiden Keenam RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini juga membagikan sembako untuk pegawai UKM Janggelan dan warga sekitar.

Di sisi lain, pemilik UKM Janggelan, Haris menyebut pengembangan budidaya janggelan sudah ia lakukan sejak tahun 2012. Dimulai dari usaha swadaya yang melibatkan masyarakat.

“Terima kasih Mas Ibas sudah berkunjung dan memberikan bantuan. Semoga kedepannya terus peduli pada usaha dan produk-produk lokal di Pacitan,” tutur Haris. 

Sumber: .rmol.id

RELATED POST