8 Kejutan Survei Capres Terkini Saat Prabowo Berjaya Lagi

Dapodikta.com – Sejumlah kejutan muncul di survei terkini Litbang Kompas. Selain soal Prabowo Subianto yang berjaya lagi, kejutan lain di survei terkini Litbang Kompas adalah masuknya nama Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dalam bursa capres 2024.
Survei terkini Litbang Kompas digelar dari 17-30 Januari 2022 dengan melibatkan 1.200 responden. Responden survei ini dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 34 provinsi.

Responden survei ditanya melalui metode wawancara tatap muka. Tingkat kepercayaan survei ini sebesar 95% dengan margin of error plus minus 2,8%.

Berikut 8 kejutan di survei terkini Litbang Kompas:

Prabowo Berjaya Lagi
Elektabilitas Prabowo diketahui sempat kalah dari Anies Baswedan, bahkan Ridwan Kamil berdasarkan survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) yang dirilis 15 Februari pekan lalu.

Dalam survei SMRC tersebut, Prabowo kalah dari Ridwan Kamil dan Anies di kategori pilihan top of mind atau jawaban spontan. Elektabilitas Prabowo di kategori itu sebesar 12%. Sedangkan Anies 12,2% dan Ridwan Kamil 13%.

Namun, berdasarkan survei terkini Litbang Kompas, elektabilitas Prabowo unggul 6% dari pesaing terdekatnya, yakni Ganjar Pranowo (20,5%). Bahkan elektabilitas Prabowo unggul jauh dari Anies (14,2%).
Masuknya Nama Jenderal Andika Perkasa
Kejutan lain di survei terkini Litbang Kompas ialah masuknya nama Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. Yang tambah mengejutkan, elektabilitas Andika justru lebih baik dibandingkan nama-nama yang sudah lebih dulu muncul.

Elektabilitas Andika Perkasa di Atas Puan
Masuknya nama Andika Perkasa dalam bursa capres 2024 saja sudah mengejutkan. Ditambah lagi, elektabilitas Panglima TNI itu berada di atas nama-nama bakal capres yang sudah gaung sejak beberapa bulan lalu, seperti Gatot Nurmantyo, Erick Thohir, bahkan Puan Maharani.

Berdasarkan survei terkini Litbang Kompas, elektabilitas Andika mengungguli 4 nama lainnya. Berikut hasilnya:

Andika Perkasa 2%
Gatot Nurmantyo 1,4%
Erick Thohir 1,1%
Mahfud Md 1,1%
Puan Maharani 0,6%

Ahok Masuk Bursa Capres Lagi
Nama Ahok sebetulnya sempat beberapa kali masuk bursa capres 2024, namun sudah beberapa bulan lalu. Terakhir kali, nama Ahok muncul di survei SMRC yang dirilis pada 28 Desember 2021.

Nama Ahok lalu masuk lagi berdasarkan survei terkini Litbang Kompas. Elektabilitas Ahok di survei tersebut sebesar 2,9%.

Ahok Unggul di Atas Ridwan Kamil-Risma
Meski hanya 2,9%, elektabilitas Ahok justru lebih baik dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Menteri Sosial Tri Rismaharini (Risma).

Di survei terkini Litbang Kompas, elektabilitas Ridwan Kamil dan Risma sama, yakni 2,6%. Keduanya terpaut 0,3% dari Ahok.

Konstituen PKB Pilih Ganjar Lebih Tinggi dari PDIP
Litbang Kompas juga menyurvei tentang pilihan capres berdasarkan pemilih partai. Hasilnya, sebesar 43,9% pemilih PKB menjadikan Ganjar sebagai capres pilihan mereka.

Yang mengejutkan, persentase konstituen PKB yang memilih Ganjar justru lebih tinggi dibanding konstituen PDIP. Ada 43,4% konstituen PDIP yang memilih Ganjar.

Pemilih Demokrat Idolakan Anies Dibanding AHY
Bukan hal baru lagi jika para pemilih PKS melabuhkan ‘hatinya’ ke Anies. Yang mengejutkan, konstituen Partai Demokrat justru jauh lebih tinggi yang memilih Anies dibanding Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Berdasarkan survei terkini Litbang Kompas, sebesar 27,1% konstituen Demokrat memilih Anies sebagai capres idaman mereka. Sedangkan konstituen Demokrat yang memilih AHY sebagai capres idola mereka hanya 6,2%.

Konstituen NasDem Pilih AHY Lebih Tinggi dari Demokrat
Hasil mengejutkan lainnya, yakni persentase konstituen NasDem yang mengidolakan AHY sebagai capres justru lebih tinggi dari konstituen Demokrat. Ada 9,3% konstituen NasDem yang memilih AHY. Sementara konstituen Demokrat yang mengidam-idamkan AHY sebagai capres hanya 6,2%.

Sumber: Detik.com

 

About admin

Check Also

Cak Imin PKB Usul Pemilu 2024 Diundur, Mardani PKS Wanti-wanti: Rezim Otoriter Muncul karena Berkuasa Begitu Lama

Dapodikta.com – Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera, langsung menanggapi adanya usulan Pemilu 2024 agar …

Leave a Reply

Your email address will not be published.