Airlangga Hartarto: Pemerintah Siapkan Dukungan APBN untuk Tingkatkan Kualitas SDM

Dapodikta.com – Pemerintah siapkan alokasi anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) tahun 2022 untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang kini banyak diisi generasi muda usia produktif, yakni milenial dan Gen-Z.
Berdasarkan sensus penduduk Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2020, Indonesia memiliki 64,50 juta pemuda dari total 270,20 juta penduduk. Bonus demografi ini tentunya akan mendorong produktivitas dan dari segi permintaan (demand).

Oleh karena itu, dikatakan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, peningkatan kualitas SDM menjadi sangat krusial. Sehingga, pemerintah berkomitmen memberikan dukungan APBN untuk mengembangkan SDM dalam emmaksimalkan bonus demografi.

“Anggaran yang telah disiapkan adalah sebesar Rp 542,8 triliun dan ini dipergunakan untuk peningkatan kualitas SDM sebagai modal utama pembangunan nasional,” ujar Airlangga Hartarto saat menyampaikan Kuliah Umum di Universitas Wijaya Kusuma Surabaya (UWKS), Kota Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (19/02),

Selain itu, kata Airlangga, pemerintah juga telah menyiapkan Program Bidik Misi atau Kartu Indonesia Pintar Kuliah yang akan menjangkau 713,8 ribu mahasiswa, Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan untuk 8.600 mahasiswa baru dan 20.090 mahasiswa on going, bantuan operasional sekolah yang akan menyasar 8,8 juta siswa, serta program Indonesia Pintar yang akan diterima oleh 20,1 juta siswa.

Pada sisi lain, Airlangga berharap, agar UWKS juga dapat membentuk inkubator-inkubator bisnis agar jiwa kewirausahaan mahasiswa dapat diasah secara untuk bisa berkualitas.

“Program peningkatan kewirausahaan juga menjadi fokus yang sangat penting mengingat rasio kewirausahaan yang masih rendah, yakni sebesar 3,47 persen dari total populasi,” terangnya.

Dengan semakin banyak yang akan menjadi wiraswasta, lanjut Ketua Umum Partai Golkar ini, menjadi penting bagi negara dalam memfasilitasi para job creator ini selain untuk mendapatkan kesempatan, juga memperoleh pembiayaan yang diperlukan.

Masih kata Airlangga, pemerintah juga telah memberikan dukungan pembiayaan bagi wirausaha maupun UMKM melalui program Kredit Usaha Rakyat (KUR).

“Segmentasi KUR yang telah terbagi menjadi KUR super mikro, mikro, dan kecil dapat dimanfaatkan bagi mahasiswa yang ingin membangun usahanya sejak dini,” pungkasnya.

Sumber: rmol.id

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.